Jasa Cat Powder Coating 0816-902-951

Sekilas Penegertian, Jenis, Porduk dan Jasa Cat Powder Coating

 

 Jasa Cat Powder Coating 0816-902-951   

Mengenal Teknologi Pengecatan Powder Coating

Anda perlu tahu tentang powder coating.  Powder coating adalah proses yang digunakan untuk menerapkan pelapisan tanpa menggunakan pelarut. Ini adalah teknologi Coating/Pengecatan terbaru di industri saat ini.

Powder coating adalah proses finishing kering. Teknik ini adalah satu sistem pengecatan yang telah berkembang pesat sekarang ini. Ditemukan pertama pada 1967 di Australia. Sistem pengecatan ini dalam tidak melibatkan bahan cair/pengencer seperti dilakukan pada cat biasa umumnya.

Penggunaan Teknologi Pengecatan Powder Coating pada Jasa Cat Powder Coating

Powder Coating paling banyak dipakai pada permukaan logam seperti aluminium dan besi. Daya rekat maksimal didapatkan dengan perlakuan sebelum pengecatan yaitu bahan akan di coating dibersihkan dari segala bentuk kotoran, minyak dan debu untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating.

Cara Kerja Pengecatan Powder Coating

Agar didapat kualitas dengan standar tinggi, kami mulai dengan persiapan yang tepat. Permukaan kerja harus betul-betul siap untuk menerima perekatan. Permukaan harus bebas dari kotoran, residu, minyak, dan elemen yang tidak diinginkan lainnya.

Setelah pembilasan/pencucian, kami kemudian melakukan pra-perawatan permukaan pada unit fosfat kami untuk meningkatkan perlindungan korosi.  Powder/serbuk harus melalui oven dengan suhu 180 – 220 C° agar dapat merekat pada bahan kerja dengan sempurna. Serbuk merupakan partikel-partikel yang halus, dari  pigmen, resin dan bahan lainnya yang diberikan muatan elektrostatis, kemudian disemprotkan  dengan tekanan tinggi ke permukaan kerja.

Apa Keunggulan Pengecatan Powder Coating Jasa Cat Powder Coating Kami

Teknologi ini sangat hemat biaya. overspray yang minimal dan kehilangan material yang bahkan dapat kita daur ulang. Powder coating menawarkan daya tahan dan ketahanan korosi yang baik dengan tingkat penampilan dan hasil akhir yang luar biasa. Perbedaan utama antara cat cair konvensional dan lapisan bubuk adalah bahwa lapisan bubuk tidak memerlukan pelarut untuk menjaga bagian pengikat dan pengisi dalam bentuk suspensi cair.

Powder Coating  dibandingkan metode pengecatan lain memiliki beberapa keunggulan Powder Coating  diantaranya :

  1. Tahan Gores, Chipping, Lecet dan Kelupas
  2. Powder Coating memancarkan mendekati nol senyawa organik volatil (VOC).
  3. Tahan terhadap cuasa ekstrim , kelembaban, sinar ultraviolet, bahan kimia dan kondisi lainnya.
  4. Dapat menjangkau permukaan yang sulit
  5. Lebih tebal,  Serbuk pelapis powder coating dapat menghasilkan lapisan yang lebih tebal dari pada lapisan cair biasa.
  6. Dapat di daur ulang, residu serbuk yang terserta pada saat proses spraying masih dapat digunakan kembali.
  7. Lebih Ramah Lingkungan, Limbah powder coating lebih ramah lingkungan dibandingkan cat cair konvensional.
  8. Peralatan lebih Murah
  9. Penampilan Benda lebih menarik
  10. Mendukung penerapan efek tertentu pada bahan kerja
  11. Menutup dan menempel lebih sempurna kepada permukaan logam dibandingkan dengan cat konvensional

Contoh Jenis Layanan Pengecatan Powder Coating

Sebagian besar Klien kami berasa dari kalangan oleh Suplier terkemuka untuk produk – produk , otomotif, minyak dan gas, medis, dan kedirgantaraan, kami memberikan dukungan teknis yang luar biasa, waktu penyelesaian, dan keandalan pengiriman untuk apa pun.

Teknologi Kami memiliki kemampuan untuk mengerjakan berbagai bentuk yang rumit dan dan bahkan untuk Anda yang ingin melapisi komponen dalam dua atau lebih warna berbeda.

Jadi apakah Anda mencari beberapa warna, hasil akhir berkualitas tinggi, daya tahan atau perlindungan korosi, kami adalah salah satu perusahaan pelapis bubuk terbaik dalam hal kualitas dan layanan. Hubungi kami sekarang untuk mendiskusikan kebutuhan Anda.

  • Estetika
  • Pewarnaan
  • Peningkatan daya tahan
  • Pelrindungan karat
  • Kaliper rem
  • Struktur arsitektur
  • Frame sepeda
  • Peralatan medis
  • Pencahayaan premium

Jenis – jenis Powder Coating

Secara umum ada dua jenis powder coating utama yaitu termoplastik dan thermosetting.

Thermoplastik adalah adalah jenis plastik yang menjadi lunak jika beri perlakuan panas dan akan mengeras jika didinginkan dan proses ini dapat  dilakukan berulang-ulang .

Thermosetting : adalah polimer yang hanya sekali saja dibentuk melalui pemanasan lalu bentuk dengan menaikan temperature dengan cara bertahap, sehingga muncul reaksi kimia yang akan mengeraskan material menjadi solid kaku.

Perusahaan Jasa Cat Powder Coating

Kami menawarkan kualitas, konsistensi, dan fleksibilitas yang tak terbaik untuk layanan powder coating.  Dengan dukungan workshop dan sdm profeisional serta kecepatan produksi dengan demikian, tim teknik kami dapat memastikan bahwa pelayanan klien kami akan mendapatkan produk dan layanan terbaik kami.

Alamat Perusahaan Jasa Cat Powder Coating

Dengan fasilitas manufaktur milik sendiri di Jakarta -Solo dan Surabaya memastikan kami sebagai industri yang mampu melayani dengan baik dan jangkauan yang lebih luas untuk klien kami di seluruh wilayah kerja kami.

Tim profesional kami bekerja akan sepenuh hati memenuhi warna dan kualitas terbaik dibutuhkan oleh klien kami untuk suku cadang dan produk mereka. Dan untuk warna – warna istimewa, mampu kami kreasikan yang meliputi gloss, matt, tekstur, bergelombang, semi-gloss, dll.

 

Beberapa Istilah Jasa Cat Powder Coating Penting dalam Industri Powder Coating (mengacu pada situs kemenperin.go.id) :

Pengertian
1. Coating atau pelapisan merupakan suatu metode atau teknik untuk menutupi permukaan substrate dengan tujuan, yaitu untuk: 1. Dekoratif, 2. Proteksi, dan 3. Tujuan-tujuan khusus lainnya (special purpose).

2. Material Coating dapat dibuat dari bahan polimer (plastik dan karet), mutual, keramik, glass atau concrete, bahkan dapat diberi penguat (reinforcement) seperti Fiber Reinforced Plastic (komposit) atau dapat berbentuk powder (Fusion Bonded Epoxy).

3. Decorative Coating digunakan di bangunan, konstruksi, transportasi, dll untuk tujuan keindahan atau marking/identifikasi.

4. Proteksi Coating digunakan di peralatan industri, konstruksi, transportasi, marine, dll, untuk melindungi substrate dari serangan korosi atau lingkungan agresif lainnya.

5. Special purpose Coating digunakan di industri, konstruksi, transportasi, marine, dll, untuk memberi perlindungan khusus dan/atau memberikan safety-safety khusus.

6. Kompetensi Coating dibutuhkan di produsen pembuat material Coating, industri-industri pengguna Coating, lembaga R and D atau laboratorium, konstruksi, lembaga pelatihan dan sertifikasi, serta lembaga R and D dan laboratorium.

7. Helper. Seorang helper bertugas untuk membantu agar pelaksanaan pekerjaan surface preparation yang dilakukan oleh operator blasting dan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh operator Coating dapat berjalan dengan lancar.

Helper juga dapat membantu pekerjaan Coating inspector dapat berjalan dengan baik. Secara umum pekerjaan seorang helper adalah membersihkan area kerja, menyiapkan material dan/atau alat-alat yang dibutuhkan, membersihkan dan/atau membereskan  peralatan-peralatan yang telah digunakan dan siap sedia di tempat kerja pada saat pekerjaan dilaksanakan, karena sewaktu-waktu bisa diperlukan bantuannya. Helper harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

8. Operator Blasting adalah orang melaksanakan persiapan permukaan mulai dari solvent cleaning, hand and power tools cleaning dan pembersihan dengan dry atau wet abrasive blasting berdasarkan Standard Operating Procedures (SOP) Proses Pembersihan Permukaan dan instruksi kerja yang telah disiapkan. Operator blasting harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

Operator Blasting harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi”

9. Operator Coating adalah orang melaksanakan Aplikasi Coating berdasarkan Standard Operating Procedures (SOP) Proses Aplikasi
Coating dan instruksi kerja yang sudah disiapkan. Coating operator harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

10. Coating Inspector adalah orang yang melaksanakan pekerjaan inspeksi proses dan hasil pekerjaan persiapan permukaan dan Aplikasi Coating berdasarkan SOP Proses Inspeksi dan inspeksi akhir. Lingkup Coating inspector level 1 (muda) itu adalah liquid Coating (paint/cat), galvanis atau rubber lining, sedangkan lingkup Coating inspector level 2 (utama) adalah mampu melakukan inspeksi untuk semua jenis Coating. Coating inspektor harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

11. Coating Supervisor adalah orang yang merencanakan, mengelola dan mengendalikan pelaksanaan suatu Coating project, meliputi:estimasi kebutuhan material, alat dan SDM, serta membuat, mengevaluasi schedule dan membuat laporan (progress and final report). Coating Supervisor brfungsi sebagai project manager untuk suatu Coating project. Coating supervisor harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

12. Coating Engineer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat material Coating (formulator) atau orang yang mampu membuat spesifkasi Coating project (specifier) atau orang yang mampu membuat system and procedur untuk semua jenis Coating untuk memastikan kualitas (quality engineer) atau orang yang mampu melakukan pengujian di laboratorium untuk menunjang proses proteksi dan juga R and D berdasarkan standar-standar uji dan peralatan uji yang relevan.

Coating engineer (Formulator, Specifier, Quality Engineer atau Akhli Pengujian) harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

13. Cathodic proteksi adalah sistem ptoteksi pada bangunan baja, misalnya kapal, pipa, tanki, vessel, jetty, dll, biasanya diaplikasikan sebagai back-up sistem proteksi dengan Coating untuk memastikan bahwa bangunan tersebut tetap terproteksi dari serangan korosi bila Coating-nya rusak. Ada 2 cara dalam cathodic proteksi, yaitu sacrificial anode cathodic proteksi (SACP) dan impressed current cathodic proteksi (ICCP)

14. Sacrificial anode cathodic proteksi (SACP) adalah sistem perlindungan pada bangunan baja dengan menggunakan anode korban (Sacrificial Anode)

15. Impressed current cathodic proteksi (ICCP) adalah sistem perlindungan pada bangunan baja dengan membanjiri bangunan tersebut dengan arus searah yang relevan (Impressed Current)

16. Cathodic Proteksi Technician adalah orang yang memiliki kompetensi untuk mengukur sistem proteksi katodik yang telah terpasang. CP Technician harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

17. Cathodic Proteksi Technologist adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan instalasi dan mengkaji kinerja suatu sistem proteksi katodik, baik dengan sistem SACP ataupun ICCP. CP Technologist harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

18. Cathodic Proteksi Engineer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengkaji, merancang dan mengembangkan suatu sistem proteksi katodik untuk melindungi bangunanbangunan baja dari serangan korosi. CP Engineer harus kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi.

19. Facility Owner adalah perusahaan atau industri yang memiliki facility proteksi, peralatan, konstruksi, transportasi, dll, dimana semua itu rentan terhadap bahaya korosi. Sehingga membutuhkan coating untuk mengendalikan korosi dan/atau untuk tujuan khusus lainnya.

20. Coating manufacturer adalah perusahaan yang menghasilkan atau memproduksi material Coating.

21. Coating applicator/contractor adalah perusahaan yang memiliki kapabilitas dan kapasitas serta kompetensi untuk mengaplikasikan Coating, baik di shop dan/atau di lapangan.

“Coating applicator/contractor adalah perusahaan yang memiliki kapabilitas dan kapasitas serta kompetensi untuk mengaplikasikan Coating, baik di shop dan/atau di lapangan.”

22. Coating consultant atau coating assessor adalah perusahaan atau akhli yang memiliki kompetensi dalam membuat spesifikasi suatu
coating project, memberikan konsultasi untuk permasalahan coating, melakukan kajian coating di industri atau ahli membuat sistem dan prosedur terkait coating.

23. Coating trainer/instructors adalah perusahaan atau perorangan yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan kompetensi untuk mengajar SDM di bidang coating.

24. Coating competency assessor atau asesor kompetensi coating adalah perorangan yang telah memiliki kompetensi coating, pengalaman dan telah memiliki sertifkat kompetensi sebagai asesor kompetensi.

25. Coating Researcher adalah perusahaan atau perorangan yang memiliki kapabilitas dalam melakukan penelitian dan pengembangan coating, baik materialnya, peralatannya, metoda atau teknologinya.

26. Coating Laboratories adalah perusahaan atau lembaga uji coating yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan kompetensi di bidang pengujian coating.

Related posts

Leave a Comment